Friday, November 18, 2011

PEDOMAN LAPORAN PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST2290
DI PERPUSTAKAAN . . . . . . . . .





LOGO UT





OLEH
(NAMA)
(NIM)
(UPBJJ_UT)











FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN





1.      Halaman Judul

PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST2290
DI PERPUSTAKAAN . . . . . . . . .


LAPORAN
Disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada program studi Diploma II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Terbuka


LOGO UT


(NAMA)
(NIM)
(UPBJJ_UT)





FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN





2.      Lembar Pengesahan

LEMBAR PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                           :
NIM                            : 
Jurusan                        :
UPBJJ_UT                  :
telah melakukan praktik kerja perpustakaan di Perpustakaan . . . . . . . . . . dari tanggal . . . s.d. . . ..


Pembimbing,


Nama Pegawai Perpustakaan
NIP . . .
Kebumen, tanggal bulan tahun
Praktikan,


Nama Mahasisiwa
NIM . . .


Mengesahkan,
Kepala UPBJJ_UT Purwokerto


Nama
NIP



Kepala Perpustakaan,


Nama
NIP









3.      Kata Pengantar
Sekurang-kurangnya memuat:
1.      Puji syukur telah menyelesaikan penyusunan laporan
2.      Penjelasan tentang tujuan penyusunan laporan.
3.      Pernyataan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penyusunan laporan.
4.      Harapan penulis serta manfaat laporan yang disusun.
5.      Pernyataan penulis untuk terbuka terhadap saran, kritik, serta sumbang pendapat dari pihak lain.

Judul kata pengantar ditulis dengan huruf kapital pada margin atas kurang lebih 6,5 cm, tetapi bila judulnya pendek, penulis bebas mengatur layoutnya.
Setelah alinea terakhir, dalam jarak 4 spasi dicantumkan nama tempat dan tahun serta di bawahnya dalam jarak 3,5 spasi ditulis nama penyusun dengan huruf kapital di awal kata.
     
   

4.      Daftar Isi
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL----------------------------------------------------------------------------i
LEMBAR PENGESAHAN---------------------------------------------------------------------ii
KATA PENGANTAR ---------------------------------------------------------------------------iii
DAFTAR ISI------------------------------------------------------------------------------------ iv
DAFTAR LAMPIRAN -------------------------------------------------------------------------v

BAB I       PENDAHULUAN ------------------------------------------------------------------1
A.    Latar Belakang
B.     Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan

BAB II      HASIL PRAKTIK PERPUSTAKAAN
A.    Pengadaan
B.     Pengolahan
C.     Layanan
D.    Statistik Koleksi

BAB III    PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran/Rekomendasi

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

     















5.      Daftar Lampiran

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1.      Lembar Kerja Praktik Pengadaan
2.      Lembar Kerja Praktik Pengolahan
3.      Lembar Kerja Praktik Pelayanan
4.      Foto/dokumentasi Kegiatan



6.      Penjelasan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Memuat aspek-aspek yang berhubungan dengan pengertian perpustakaan, fungsi perpustakaan, tujuan perpustakaan, dan lain-lain (Sumber: Modul “Pelayanan Bahan Pustaka” atau sumber lain).

Alasan mengapa melaksanakan praktik kerja perpustakaan

B.     Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan
Memuat tujuan dilaksanakannya PKP, misalnya: untuk menerapkan teori penyelenggaraan perpustakaan yang telah diperoleh dalam perkuliahan/tutorial, memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, dll.

BAB II
HASIL PRAKTIK PERPUSTAKAAN

A.    Pengadaan Bahan Pustaka
Memuat teori-teori tentang jenis bahan pustaka dan pengadaan bahan pustaka (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau “Pengembangan Koleksi”)

Misalnya:
1.      Jenis bahan pustaka: karya cetak (buku nonfiksi, buku fiksi, buku referens, terbitan berkala, dan lain-lain)
2.      Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pengadaan bahan pustaka: relevansi, penulis, penerbit, kualitas materi, tahun terbit, dan kebutuhan pengguna.
3.      Sumber pengadaan: hadiah, sumbangan, pembelian, atau tukar-menukar dan sebagainya.

Setelah diuraikan teori tentang pengadaan bahan pustaka (dengan mencantumkan sumber), tuliskan pengadaan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.


B.     Pengolahan Bahan Pustaka
Memuat teori-teori tentang pengolahan bahan pustaka (pemeriksaan bahan pustaka, pengecapan, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penjajaran koleksi, perlengkapan buku, komputerisasi pengolahan, dan seterusnya) dengan mencantumkan sumber (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau sumber lain)

Setelah diuraikan teori tentang pengolahan bahan pustaka, tuliskan pengolahan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.

C.    Layanan Perpustakaan
Memuat teori-teori tentang pelayanan bahan pustaka (Sumber: modul “Pelayanan Bahan Pustaka” atau sumber lain).

Setelah diuraikan teori tentang pelayanan bahan pustaka, tuliskan sistem pelayanan bahan pustaka yang terdapat di tempat praktik. Uraikan kesesuaiannya dengan teori yang sudah dikemukakan.

D.    Statistik Koleksi Perpustakaan
Statistik adalah ilmu tentang pengumpulan data, menggolongkan, menabulasi, dan menganalisis suatu kegiatan. Dalam perpustakaan yang disebut statistik adalah catatan angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolongkan mengenai kegiatan perpustakaan. Statistik berfungsi dalam beberapa tujuan, yakni:
(1) menyusun laporan, (2) mengukur efisiensi berbagai kegiatan dan kinerja pustakawan (3) menyusun rencana dan jasa perpustakaan, (4) bahan pertimbangan dalam penambahan anggaran staf, dan (50 sebagai evaluasi kemajuan atau keberhasilan perpustakaan (Sumber: modul “Administrasi Perpustakaan” atau sumber lain).

Unsur-unhsur yang harus dilaporkan berdasarkan pengalaman/pengamatan di tempat praktik:
1.      Pengadaan bahan pustaka: jumlah koleksi yang dibeli, hadiah. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis koleksi dan subjek.
2.      Pengolahan bahan pustaka: jumlah koleksi yang dikatalog dan diklasifikasi.
3.      Keanggotaan: jumlah anggota dan jumlah pengunjung.
4.      Koleksi yang dipinjamkan: Buku yang dipinjam berdasarkan subjek.
5.      Layanan rujukan: jumlah pertanyaan yang masuk, pertanyaan yang terjawab dalam waktu singkat.
6.      Jasa reproduksi: jumlah koleksi yang direproduksi, jumlah yang difotokopi.
BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Tuliskan simpulan singkat hasil praktik tentang pengadaan, pengolahan, layanan, dan statistik koleksi.

B.     Saran/Rekomendasi
Saran/rekomendasi berisi hal-hal yang perlu disampaikan kepada pihak-pihak tertentu (misalnya: sekolah, pemerintah daerah, atau masyarakat umum) berkaitan dengan pemecahan masalah yang dihadapi dalam praktik atau penyelenggaraan perpustakaan yang telah dilaksanakan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahaya yang baik. Anda sopan kami pun segan.