Thursday, May 20, 2010

CARA MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN

Cara Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan


Upaya untuk meningkatkan mutu layanan tidak boleh di pisahkan dengan kegiatan pustakawan sehari-hari. Bnyak upaya yang dapatdi kerjakan,misalnya:

1. Sikap yang ramah dan penampilan pustakawan yang baik dalam memberikan layanan.

sikap yang ramah adalah faktor dari keberhasilan atau tidak dalam memberikan pelayanan untuk pembaca. Melalui penampila yang baik dan penuh rasa ikhlas memberikan bantuan kepada pembaca akan mendapatkan nilai positif bagi pembaca sehingga pembaca merasakan nyaman. Dan dapat menarik perhatian lebih dari pembaca.

2. Menyediakan brosur tentang kegiatan yang ada di perpustakaan .

Dengan brosur dapat juga meningkatkan mutu pelayanan. Dengan brosur ini pustakawan memberikan informasi kegiatan apa saja yang sudah dan akan di lakukan,dengan kata lain brosur dapat diartikan sebagai iklan. Dalam brosur itu berupa daftar buku yang baru,daftar bibiliografi atau program kegiatan. Tentunya ya membutuhkan dana yang cukup besar untuk itu di siapkan anggaran khusus.

3. Mengadakan berbagai perlombaan. ( lomba membaca,menggambar, membaca puisi dan sebagainya ).

Perlombaan itu dimaksudkan agar para pemakai datang ke perpustakaan Mungkin kalo diundang biasa tidak akan dating api kalo ada perlombaan mungkin berkesan berbeda. Misalkan diadakan perlombaan berpidato, para peserta akan membutuhkan bahan untuk berpidato dan mereka akan mencari dengan membaca di pepustakaan. Selanjutnya disodori formulir keanggotaan tentunya kalo sudah terbiasa dating keperpustakaan.

4. Mengadakan stady tour ke berbagai perpustakaan.

Kegiatan ini dapat di ajukan terjadwal dengan baik, dari perpustakaan satu ke yang lain, mereka dapat menemukan informasi yang lebih. Dengan kegiatan ini juga dapat mengajarkan bagaimana mengadakan penlitian tentang perpustakaan, untuk mendapatkan ide yang baru.

5. Mengundang tokoh masyarakat atau pakar untuk berceramah menceritakan pengalaman mereka dan sebagainya.

Kegiatan ini dilakukan oleh pustakawan dan diatur sedemikian rupa. Pustakawan mengundang berbagai tokoh masyarakat missal penulis yang sukses. Dengan menceritakan di balik kesuksesannya. Bagaimana proses seorang anggota masyarakat sederhana dapat mencapai kesuksesan. Tokoh tersebut menceritakan semua itu tidak lain hanya karena membaca. Hal ini akan memmicu para pendengar cerita dan mendapatkan pengalaman tambahan dari cerita si tokoh tersebut. Bahwa perpustakaan dapat meningkatkan sumberdaya manusia.

6. Membuat kegiatan yang teratur, memetik dari bahan yang dimiliki perpustakaan.

Pustakawan dapat menggali potensi yang ada di perpustakaan. Missal mengadakan seminar di sebuah lingkungan masyarakat. Dan bahan seminar tersebut dari sebuah buku yang dimiliki perpustakaan. Selanjutnya para pembaca dipersilahkan untuk mencari bahan yang terlah di seminarkan atau didiskusikan.

7. Berbagai kegiatan lainnya yang tidak tertulis di atas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahaya yang baik. Anda sopan kami pun segan.